Thursday, June 13, 2013

Apakah oli mobil bisa dipakai untuk motor?

Anda pemilik kendaraan roda dua ? Anda tentu sudah tahu istilah oli samping dan oli mesin. Atau istilah oli 2T dan oli 4T. Oli 2T adalah oli yang digunakan sebagai campuran bensin yang berguna melumasi gerakan piston untuk motor 2 tak. Sedangkan oli 4T tugasnya untuk melumasi kerja mesin, kopling, dan transmisi untuk motor 4 tak, sehingga kekentalannya khas.

Itu sebabnya, oli 4T tidak bisa digunakan untuk campuran bensin motor 2 tak, karena justru akan membuat gerakan piston dan saluran mesin jadi tersumbat. Jadi, perlu dicermati dan jangan sampai tertukar dalam hal pemakaian oli ini.

Bagaimana kalau menggunakan oli mobil untuk motor 4 tak, biar tambah mantap? "Oli
mesin 4T agak berbeda dengan oli mesin mobil. Karena oli mesin motor 4T berfungsi juga membasahi kopling, sehingga tetap membutuhkan adanya gesekan. Kalau dipaksa memakai oli mesin punya mobil, kopling justru bisa selip dan kehilangan tenaga.
 
Makanya, sekali lagi, supaya tidak salah dan berakibat mesin kendaraan rusak, buka dan cermati kembali buku petunjuk kendaraan Anda.

Semoga bermanfaat.

Sunday, June 9, 2013

Tips supaya "electric power steering" awet

Umumnya, mobil-mobil keluaran terbaru, menggunakan power steering yang digerakkan oleh motor listrik (EPS: Electric Power Steering). Untuk mengetahui mobil yang menggunakan EPS sangat mudah. Buka kap mesin, lihat apakah ada pompa dan selang power steering di dekat dinding antara kabin dan ruang mesin (firewall) atau tidak? Jika tidak ada, dipastikan mobil tersebut sudah menggunakan EPS
Teknologi tersebut bisa dikatakan minim perawatan karena semua sudah diatur oleh modul. Power steering listrik umumnya rusak karena penggunanya kurang apik dan cenderung sembrono.

Masalah tersebut biasa terjadi, muncul suara "tek-tek" saat melewati jalan rusak atau berlubang. Selain itu,getaran setir sangat keras. Berikut faktor yang menyebabkan EPS
rusak.

1. Menerjang jalan rusak

EPS akan mudah mengalami kerusakan jika kerap melewati jalan rusak atau berlubang. Makin parah lagi jika pengemudi melintas pada kecepatan tinggi. Getaran dan hentakan keras yang diterima rack steer  bisa merusak poros rack steer (as).

Selain itu, kemungkinan karet pelindung jakan robek, apalagi jika kondisinya sudah rengat. Jika hal tersebut terjadi, air, debu dan kotoran akan masuk ke as setir dan menyebabkannya berkarat. Indikasi as setir kotor dan berkarat, saat diputar berbunyi. Setir juga berat ketika diputar.

2. Hindari banjir

Khususnya, bagi pemilik Honda. Pasalnya, motor listrik dipasang langsung pada as setir, sejajar dengan as roda. Jika air sampai merendam, motor listrik bisa rusak. Bila sudah rusak, motor listrik tersebut harus diganti karena tidak bisa diperbaiki. 

Beberapa merek lain meletakkan motor listrik  di dalam kabin di atas pedal gas. Untuk memastikan letak motor listrik,  Anda bisa menanyakan ke mekanik bengkel kepercayaan Anda untuk langkah preventif.

3. Usia. 

Biasanya EPS sudah mulai bermasalah (timbul bunyi-bunyi) ketika umur mencapai 5 tahun lebih atau telah menempuh jarak 100.000 km. Menjadi lebih pendek ketika kerap digunakan secara tidak wajar. Jika pemiliknya telaten dan tidak pernah terendam air, pemakaian bisa lebih dari 5 tahun. Pemeliharaan, cukup ganti karet pelindung as setir saja.

Semoga bermanfaat, salam sukses.