Saturday, April 27, 2013

Penyebab rusaknya kipas (elektrik fan) pada mobil

Kipas elektrik (electric fan) sudah dipakai hampir seluruh mobil baru saat ini. Kipas jenis ini hadir menggantikan kipas pendingin mesin konvensional yang diputar oleh mesin. Dibanding kipas konvensional, keuntungan kipas elektrik adalah kebisingan yang lebih rendah, selain itu waktu dan lama putarannya bisa diatur oleh sensor supaya suhu mesin stabil.

Sayangnya, kipas elektrik memiliki kelemahan mendasar, yakni bisa mati sewaktu-waktu tanpa tanda-tanda sebelumnya. Dan kalau sudah begini, aliran udara untuk mendinginkan radiator pun berkurang drastis.

Akibatnya bisa ditebak, suhu mesin akan naik secara ekstrem dan menyebabkan overheat. Bahkan di beberapa mobil tanpa pengaman, overheat bisa berujung pada kerusakan total
mesin.

Kerusakan kipas elektrik memang mengesalkan. Penyebabnya kadang begitu sepele namun dapat membawa konsekuensi parah. Rata-rata kipas elektrik akan mengalami malfungsi setelah bekerja sekitar 5 tahun. Tapi itu bukan jaminan, karena komponen pendingin ini bisa saja berumur jauh lebih pendek atau sangat panjang.

Berikut penyebab kipas elektrik malfungsi:

Usia motor
Kalau ini yang terjadi, artinya tak ada pilihan selain menggantinya. Kadang mengetuknya bisa membuat kipas kembali bekerja, namun hal ini hanya bersifat temporer, dan akan terjadi lagi dalam waktu dekat.

Sekring atau kabel putus 
Kerusakan ini tergolong paling minimal dan bisa diperbaiki dengan mudah. Tinggal sambungkan kabel atau ganti sekring yang putus.

Relay rusak
Untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan relay, paling akurat adalah dengan mengukur hambatannya. Relay yang masih baik memiliki hambatan 40-80 Ohm. Bila di atas angka itu, relay harus diganti.

Cara lebih simpel, goyang-goyangkanlah relay. Bila terdengar suara komponen lepas di dalamnya, artinya relay tak bisa digunakan lagi. Gantilah dengan tipe yang sama, dan kipas elektrik akan kembali normal.

Air radiator habis
Di beberapa mobil canggih, kipas elektrik dilengkapi beberapa sensor termasuk volume air radiator. Kadang kita menyangka kipas elektrik mati, padahal itu disebabkan air radiator yang kosong. Bila ini yang terjadi, periksalah apakah terjadi kebocoran. Bila tidak, segera isi air radiator mengikuti prosedur standar di buku manual.

Tabrakan
Walaupun kita menabrak sesuatu tidak keras, kadang ini bisa mengenai rumah kipas elektrik sehingga menghambat putaran kipas.

Harga kipas elektrik asli bervariasi tergantung jenis mobil. Dan jangan kaget, untuk mobil premium atau Eropa kadang harganya mencapai jutaan rupiah. Makanya kadang kita suka tergoda mengganti dengan produk aftermarket.

Sebenarnya sangat tidak menganjurkan hal ini. Setiap kipas elektrik sudah dirancang menyesuaikan sistem pendinginan masing-masing mobil. Bahkan dikhawatirkan ada beberapa sensor jadi tidak terhubung ketika memakai kipas elektrik aftermarket.

Hal itu juga bisa menyebabkan terjadi gejala over-cooling alias pendinginan berlebih pada mesin. Mesin pun menjadi tidak efisien saat bekerja. Dan ingat, komponen asli akan mendapat jaminan bengkel resmi dan tak menghilangkan garansi mobil Anda.

Cara membersihkan Head Lamp yang buram

Kendaran yang sudah lama dipakai tentu mengalami penyusutan fungsi, terutama pada bagian Head Lamp. Mobil yang biasa diparkir pada tempat yang terkena sinar matahari langsung akan lebih cepat mengalami pengaburan pada Head Lamp.

Selain itu kondisi lingkungan di jalan, seperti asap kendaraan hingga serpihan aspal juga membuat hal ini terjadi. Belum lagi perawatan yang minim memperburuk kondisi lampu kendaraan.

Tidak ada kata lain untuk mengantisipasi hal ini, perawatan Head Lamp diperlukan segera. Minimal 2 minggu sekali, Anda mesti melakukan perawatan ini.

Asyiknya lagi, perawatan headlamp buram ini bisa dilakukan sendiri alias do it yourself (DIY).
Yang penting, Anda mesti mempersiapkan bahan dan perlengkapan.

Aplikasinya pun mudah. Hanya saja, pengaplikasian langkah DIY ini, dengan asumsi tingkat kusamnya headlamp tidak terlalu parah. Langkah-langkah ini dapat Anda lakukan.

Akan tetapi, bila tingkat kusamnya sudah parah, bahkan jika jamur mulai tumbuh, tak ada pilihan lain, Anda harus menyerahkan pembersihannya kepada profesional. Yup, bersihkan headlamp di salon mobil langganan.

Selain untuk memastikan hasil kerjanya, proses pengerjaan headlamp yang sangat kusam butuh skill dan alat yang memadai. Untuk biayanya, biasanya salon mobil mematok banderol satu kendaraan antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

Nah, jika headlamp sudah kembali cemerlang, derita akibat permukaan yang buram pun tak lagi mengganggu Anda.
Pada pekerjaan yang dilakukan oleh profesional maka alat dan bahan yang diperlukan adalah :
  1. Ampelas nomor 1000-2000
  2. Alat poles
  3. Spons
  4. Cairan pembersih
  5. Anti-jamur
Cara kerja :
  1. Cuci mobil Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan treatment ini.
  2. Ampelas permukaan headlamp secara perlahan sesuai kebutuhan, Upayakan menyeluruh agar hasilnya bisa maksimal.
  3. Bila ada jamur, berikan cairan anti-jamur untuk menghilangkannya.
  4. Bubuhi cairan pembersih langsung di permukaan headlamp atau pada spons untuk diaplikasikan.
  5. Kemudian gunakan alat poles dengan kecepatan putar yang tinggi pada 2.000 rpm dan pekerja profesional berperan di sini untuk menanganinya.
  6. Setelah itu, sentuhan akhir, kain mikro- fiber menjadi pilihan. Usap dan pastikan permukaan menjadi bersih dan bening.
Pada pekerjaan yang dilakukan sendiri maka alat dan bahan yang diperlukan adalah :  
  1. Cairan pembersih headlamp
  2. Spons
  3. Kain mikrofiber
Cara kerja :
  1. Usahakan untuk mencuci mobil terlebih dahulu agar mendapat hasil maksimal.
  2. Berikan cairan pembersih pada permukaan headlamp.
  3. Agar lebih merata, bubuhi pula bagian spons sekaligus usap secara merata di sekujur permukaan headlamp.
  4. Setelah itu, untuk mengangkat kotoran dan mengeringkan permukaan, gunakan lap mikrofiber.
  5. Lakukan berulang di setiap sudut permukaan headlamp. Permukaan bersih dan bening menjadi idaman.
Catatan :

Bila bicara soal perawatan headlamp, ternyata membersihkan head lamp yang berbahan kaca jauh lebih mudah apalagi bila dibandingkan dengan model sekarang yang banyak terbuat dari bahan plastik.
Untuk mobil produksi Jepang ataupun Eropa lawas, batok kaca banyak dipakai. Sementara untuk hasilnya, model lawas ini lebih cling ketimbang headlamp plastik. Untuk membersihkan batok kaca Anda harus membuka sekaligus sealant guna mendapatkan hasil maksimal. Pembersihan bagian dalam dan luarnya cukup dengan busa sabun saja.

Semoga bermanfaat.

Saturday, April 20, 2013

Ciri ABS mobil bekerja atau tidak

Bila ABS bermasalah, lampu indikator merah atau oranye akan hidup di panel instrumen. Kalau ABS mengalami gangguan, tidak menimbulkan masalah terhadap kinerja mobil. Namun sangat disayangkan, harganya yang cukup mahal tidak berfungsi. Padahal, pada kondisi tersebut sangat membantu, khususnya bila tiba-tiba harus mengerem mendadak. 

Gangguan bisa akan merembet ke sistem keselamatan lain, yaitu ESP (kontrol stabilitas), anti-skid, pengaruh menjadi banyak. Karena itulah, bila bermasalah harus segera diperbaiki. 

Bekerja :

Tanda-tanda ABS bekerja, versi lama, pedal rem bergetar saat ditekan. Namun sekarang, efek tesebut sudah berkurang.Karena getaran itu pula, di awal penggenalan ABS, banyak

pengemudi yang tidak menyukainya. Padahal, agar ABS bekerja, pedal rem harus ditekan terus sampai mobil benar-benar berhenti.

Hal lain untuk mengetahui ABS bekerja adalah saat mobil direm mendadak. Pada kecepatan tinggi setir masih bisa dikendalikan. Di samping itu, ban tidak meninggalkan jejak di permukaan aspal setelah direm. Jarak pengereman lebih pendek, ban tidak botak pada bagian tertentu (masih terus menggelinding dengan mulus). Hal ini juga memberi kenyamanan kepada penumpang. Bahkan dapat memperpanjang umur pakai sokbreker mobil Anda.

Cara mengatasi semut atau serangga yang bersarang dikabin mobil

Semut, kecoa, laba-laba dan beberapa binatang kecil lainnya sering kali bersarang di kabin mobil. Memang agak aneh tapi itu nyata. Hal ini bisa terjadi terutama mobil pada mobil yang pemiliknya malas bersih-bersih, he...  

Sebenarnya sumber datangnya semut, kecoa ataupun laba-laba adalah sisa makanan. Biasanya semut atau serangga lainnya masuk karena mengendus aroma makanan. Apalagi, Anda biasa memarkirkan mobil di bawah pohon rindang yang didiami banyak semut. Lubang masuknya semut banyak, bisa dari pintu melalui celah karet, kaca jendela yang menutup tidak rapat atau bisa dari dasbor.


Tempat paling favorit serangga tersebut, di bawah karpet, bawah jok, di sela-sela dasbor atau bahkan di panel pintu dengan suhu yang cenderung stabil dan hangat. Kalau sampai
bersarang, berarti banyak makanan yang tercecer dan menjadi cadangan mereka.

Untuk mencegah semut atau serangga lainnya masuk ke kabin mobil Anda maka hal yang harus Anda lakukan adalah : 
  1. Paling masuk akal, hindari makan atau minum di dalam mobil. Jika memang harus demikian, usahakan jangan tercecer, apalagi roti atau biskuit yang remah-remahnya mudah rontok. Inilah sumber utama pengundang semut.
  2. Bersihkan kabin, terutama bagian karpet dan bawah jok, seminggu sekali. Gunakan penyedot debu dan arahkan ke tempat-tempat sempit.
  3. Hindari parkir di bawah pohon buah-buahan yang rasanya manis, misalnya mangga, jambu, belimbing dan sebagainya. Pohon-pohon ini biasanya menjadi sarang semut, atau tempat mereka mencari makan.
  4. Taruh bau-bauan menyengat alami di kabin, seperti cengkeh atau kopi dalam wadah atau  cangkir. Dijamin, semut enggan singgah.
Cara mengatasi semut atau serangga lainnya yang sudah terlanjur masuk ke kabin mobil Anda adalah :
  1. Cara paling mudah, membersihkan sela-sela kabin, karpet, dan bagian lain yang sulit dijangkau dengan penyedot debu. Bisa dilakukan sendiri, tapi untuk lebih detailnya bawa ke salon.
  2. Cara lain, pancing keluar dengan sisa makanan. Diamkan beberapa jam, lalu cek lagi. Setelah mereka berkumpul di sisa makanan pancingan, ikuti arah mereka membawanya untuk mengetahui letak sarang sang ratu.
  3. Untuk sementara bisa menggunakan kapur semut yang tidak disukai semut. Jangan lupa dibersihkan karena kapur tersebut mengandung zat berbahaya bagi kesehatan.
Semoga bermanfaat dan yang pasti Anda jangan jorok-jorok kalau punya kendaraan. Harus rajin bersih-bersih minimal 1 (satu) minggu sekali !

8 Cara menghilangkan bau saat AC baru dihidupkan

Penyakit ini tak hanya dialami oleh mobil yang baru keluar dari dealer, AC mobil yang sudah lama dipakai pun juga dapat dapat mengeluarkan bau yang kurang sedap saat baru dihidupkan.

Namun hal tersebut jangan dibiarkan saja. Sebenarnya bau tidak sedap paling sering berasal dari karpet. Debu yang menempel berputar dan bercampur dengan udara di kabin. Artinya, sirkulasi udara di kabin sudah kotor dan pemilik mobil harus lebih waspada.
 
Ada delapan beberapa cara untuk menghilangkan bau saat AC baru dihidupkan :
  1. Hindari membuka kaca terlampau sering dan lama ketika mobil sedang berjalan. Debu jalanan yang masuk diputar oleh blower AC. Kotoran akan masuk ke sistem sirkulasi, menempel dan menimbulkan bau.
  2. Bersihkan karpet mobil sesering mungkin. Untuk menghindari karpet terlalu kotor atau berdebu, sebaiknya membersihkan bagian bawah alas kaki sebelum mobil dijalankan. 
  3. Bersihkan evaporator AC.
  4. Hindari merokok di dalam kabin karena asapnya akan menempel di semua bagian seperti plafon, jok, hingga karpet. Aroma asap rokok sangat sulit dibuang dan akan terus berputar.
  5. Rawat AC minimal enam bulan sekali.
  6. Kurangi menyimpan makanan atau makan di dalam kabin. Baunya akan bercampur dengan udara dikabin dan menempel ketika bersirkulasi. 
  7. Pada kondisi mendesak, bisa dihilangkan dengan pewangi mobil, namun tidak sampai 100 persen. 
  8. Kopi dikenal sebagai penetralisir bau. Jika wewangian di kabin dianggap tidak sehat, letakkan sebungkus kopi bubuk yang sudah dibuka di beberapa bagian  kabin (bisa di panel pintu, atau di bagian belakang kabin) lalu diamkan semalaman.
Mudah-mudahan dengan memperhatikan cara-cara diatas, AC mobil Anda tidak akan mengeluarkan bau tak sedap lagi saat mulai dihidupkan. 

Tuesday, April 9, 2013

Cara kerja dan sensor roda ABS

Speed sensor ABS yang dipasang di roda ada dua macam: pasif dan aktif. Pasif dibuat dari magnet permanen dengan gulungan kabel tembaga. Sensor ini dipasang dekat cincin reluktor ABS di sumbu roda. Ketika cincin berputar, giginya menghasilkan tegangan induktif kecil pada gulungan kabel. Sinyal tegangan ini dipantau oleh komputer dan digunakan sebagai informasi. Ciri khas sensor ini, hanya menggunakan dua kabel, satu untuk sinyal satu lagi untuk massa (ground).

Aktif, bentuknya seperti sensor tipe Hall, sama dengan yang digunakan untuk tachometer, dilengkapi dengan penguat tegangan. Tegangan listriknya berkisar  volt, kini juga ada yang 12 volt.

Sensor dipasang dekat cincin reluktor ABS magnet yang punya banyak kutup (utara-selatan). Ciri khasnya, menggunakan tiga kawat: satu untuk positif (arus), satu sinyal dan satu lagi untuk massa (ground).