Monday, February 25, 2013

Mobil unik berbahan bakar kopi

Tidak mustahil bila suatu saat nanti setiap pagi anda harus berbagi kopi dengan mobil anda. Bagi anda yang belum tahu ini adalah sebuah kejaiban bila sesungguhnya ampas kopi yang biasa terhidang pada pagi hari di meja makan anda ternyata dapat dijadikan bahan bakar alternatif bagi kendaraan anda.

Bila selama ini pencarian terkait bahan bakar masa depan terus dicari oleh para ilmuwan, orang pria asal Inggris menggebrak dengan membuat mobil yang bisa berjalan dengan bahan bakar dari ampas kopi. Bahkan mobil ini pun ternyata juga bisa ngebut.

Mobil bertenaga kopi itu mencetak rekor kecepatan untuk menorehkan nama seorang pria bernama Martin Bacon ke dalam Guinness World Records.

Mobil ini sendiri sebenarnya adalah sebuah mobil pikap Ford P100 yang telah dimodifikasi
oleh pria 42 tersebut hingga mampu berlari sampai kecepatan 104 km/jam di Manchester, Inggris. Ini adalah kecepatan tertinggi yang pernah dicetak oleh mobil yang menggunakan kopi sebagai bahan bakarnya.


Untuk menjadikan kopi sebagai bahan bakar kendaraan, Bacon menggunakan ampas kopi yang dia panaskan untuk mengurai karbon monoksida dan hidrogen. Gas itu lalu didinginkan dan disaring sebelum hidrogen dibakar untuk menggerakkan mesin.

"Kami senang telah mengambil rekor kecepatan untuk mobil tercepat semacam ini. Ini 'mobil kopi' yang telah bertahun-tahun dalam pembuatan," kata Bacon seperti dikutip dari Daily Mail.

Bacon lalu mengatakan kalau semua mobil sesungguhnya bisa memanfaatkan berbagai bahan alternatif seperti kopi ini asal tahu cara mengolah bahan calon bahan bakar.

Nah, sekarang mana kreatifitas anak bangsa untuk menemukan bahan alternatif terbarukan yang lain? Semoga bermanfaat selamat mencoba

Sunday, February 24, 2013

Tips menyamarkan gores pada cat mobil

Kesal rasanya melihat goresan-goresan kecil pada bodi mobil kita. Baik yang terlihat samar-samar atau berukuran cukup besar. Begitu pula dengan bekas cat mobil atau motor yang menempel saat bersenggolan. Cara jadul yang kerap dipakai adalah menyamarkannya dengan compound.
 
Cara tersebut kini tidak lagi menarik karena bisa memudarkan cat. Hal tersebut bisa dilihat pada kain yang dipakai untuk menggosok permukaan cat, terdapat lunturan warna. 
Cara terbaru, menggunakan obat yang berbeda. Saat ini sudah banyak diproduksi cairan yang bisa menyamarkan goresan tanpa memudarkan cat. Sekarang banyak bahan untuk menyamarkan goresan tipis di mobil tanpa memudarkan cat, scratch remover

Proses untuk menghilangkan goresan tersebut sebagai berikut :
  1. Cuci mobil hingga bersih dengan sampountuk mengangkat minyak yang menempel di permukaan cat. Keringkan dengan plas chamois.
  2. Siapkan 2 lap bersih. Tuang cairan di goresan lalu gosok dengan kain lap. Diamkan beberapa menit lalu usap menggunakan lap yang bersih. Bukti bahwa obat tersebut bagus bisa dilihat pada kain yang sudah dipakai tidak ada lunturan cat saat menggunakan compound.
  3. Lakukan hal sama pada bagian lain. 
  4. Untuk goresan yang agak lebar, lakukan berulang dengan memberikan sedikit tekanan. Jangan terlalu keras karena bisa membuat bodi penyok. Langkah serupa juga bisa dilakukan untuk menghilangkan cat mobil atau motor yang menempel saat bersenggolan. Untuk "luka" yang cukup dalam (robek) tidak bisa dengan cara ini. 
Obat tersebut hanya bersifat menyamarkan bukan menghilangkan goresan. Kelebihanya tidak menyebabkan cat pudar.

Sensor parkir mempermudah kita parkir

Mobil keluaran terbaru kebanyakan memang sudah tersedia sensor parking. Tapi bagaimana dengan mobil lawas yang belum memiliki sensor parking dan ingin memasangnya?

Semua pemilik mobil lawas atau yang tidak memiliki sensor parking bisa memasangnya sendiri. Kini sudah banyak toko aksesoris mobil yang menjajakan sensor parking untuk semua jenis mobil.

Sensor parkir yang sedang banyak dicari konsumen tersedia dalam 3 tipe. Di antaranya sensor parking dengan suara saja, suara dengan display dan suara dengan display
spion di dalam kabin.

Sensor parkir yang biasa suara saja itu kalau jaraknya sudah dekat dengan benda di sekelilingnya kurang lebih 50 cm akan bunyi, kalau yang pakai display nantinya ada titik angka jarak mobil dengan benda di sekitar sedangkan untuk yang display dengan spion hampir sama hanya saja gambarnya terlihat di spion dalam.

Sensor parkir ini bisa dipasang di semua jenis dan tipe mobil atau sifatnya universal. Pemasangannya juga tidak memakan maktu yang lama

Bahaya nelpon sambil nyetir

Semakin banyak pengendara mobil atau motor tewas akibat aktivitas menelpon saat mengemudi. Di seluruh dunia, angka kematian karena perilaku mengemudi tidak bertanggung jawab ini lebih banyak dari kematian karena penyakit malaria.

Dikutip dari IOL Motoring, di Afrika Selatan misalnya, setidaknya 14.000 korban meninggal dunia setiap tahunnya. Itu berarti 40 korban setiap hari meregang nyawa akibat menggunakan alat komunikasi itu saat menyetir.

Caryl Kolk, peneliti dari Automobile Association menyebutkan bahwa menggunakan telepon genggam saat mengemudi berpotensi empat kali mengalami kecelakaan dibandingkan orang

yang fokus pada aktivitas mengemudi saat itu.

Saat nyetir, kita membutuhkan rata-rata sekitar 2,5 detik untuk mengecek telepon. Jika Anda menyetir dalam kecepatan 100 km per jam kemudian update status di Facebook atau Twitter apa Anda akan memperhatikan seorang pengguna jalan atau anak yang menyeberang? Tentu tidak kan?

Di samping itu para peneliti juga menemukan bahwa penggunaan telepon genggam di mobil juga bisa meningkatkan perampokan.

Caryl Kolk menjelaskan seperti contoh ketika kita menggunakan ponsel Anda di dalam mobil saat lampu merah, maka 50 persen keamanan kita berkurang.

Sebab pengendara atau pun penumpang yang menggunakan telepon genggam di dalam mobil menjadi sasaran empuk para penjahat dan selanjutkan kita menjadi korban kejahatan.

Tips memakai telepon di mobil

Gunakan perangkat handsfree

Meski sebaiknya tetap fokus menyetir, menggunakan handsfree sangat pas bagi mereka yang tidak bisa terpisah dari telepon genggamnya.

Letakkan handphone di luar jangkauan

Ini untuk mengurangi hasrat Anda untuk mengangkat telepon atau mengupdate status di mdeia sosial. Simpan telepon genggam Anda di tempat yang sulit Anda lihat seperti di tas.

Matikan telepon genggam

Mematikan atau menggunakan mode silent akan mengurangi godaan untuk mengangkat telepon Anda atau membaca pesan singkat.

Tangan tetap di kemudi

Kedua tangan Anda tetap di kemudi kecuali saat mengganti tuas persneling atau menggunakan fitur mengendara lainnya.

Menggunakan aplikasi suara

Saat ini sudah banyak telepon pintar yang memiliki aplikasi perintah suara. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menelepon mengetik pesan SMS dengan suara Anda saja. Jadi perhatian bisa fokus pada mengendara.

Poin utama

Jika Anda benar-benar harus menelepon karena masalah kantor atau kerjaan lainnya, keluar dari jalur dengan aman untuk berhenti. Stop melakukan hobi yang buruk dan tidak menambah data statistik kematian yang baru.

Friday, February 22, 2013

Stel pelek setelah motor masuk lubang

Belakangan ini setelah tergenang banjir jalanan di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya banyak yang berlubang. Tidak jarang dari para pengendara sepeda motor menghantam lubang tersebut. Parahnya ada yang jatuh bahkan meninggal dunia akibat menghantam lubang tersebut.

Nah Otolovers semua pasti ada yang pernah menghantam lubang di jalanan kan? Terutama bagi sepeda motor dengan pelek jari-jari pasti itu menjadi musuh utama sebab pelek jari-jari ketika menghantam lubang akan cepat bengkok.

Menurut Rudi salah satu mekanik di bengkel spesialis stel pelek jari-jari di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan kalau sudah sekali atau dua kali menghantam lubang

ada baiknya Anda segera menyetel pelek jari-jari itu agar jalan atau fungsi pelek tetap normal.

"Jika sudah sering terkena lubang pasti pelek akan bengkok atau ukurannya sedikit aneh. Istilahnya gue sebut peyang. Itu harus segera di stel," ungkap Rudi saat ditemui detikOto.

Lanjut Rudi, selain bentuk pelek jari-jari jadi peyang jari-jarinya juga akan kendor jika menghantam lubang. Apalagi jika menghantam lubang yang cukup dalam dengan kondisi kecepatan yang tinggi, pelek sudah pasti peyang.

"Fatalnya ada yang sampai bengkok parah," cetusnya sambil tertawa.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menyetel pelek jari-jari? Rudi mengatakan untuk pelek motor jari-jari harganya cukup murah yakni Rp 30 sampai Rp 45 ribu 1 ban.

Beda dengan pelek racing. Harga untuk pelek racing jauh lebih mahal. 1 bannya bisa mencapai Rp 100 ribu.

"Kalau pelek racing kan bukan di stel tapi di press. Harganya jelas beda dengan stel pelek jari-jari. Kalau pelek racing fatalnya bisa belah," tandasnya. (detik)

Cara memperbaiki engkol motor yang nggak mau balik

Pernahkah anda mengalami, ketika menginjak engkol (kick starter) tapi setelah diinjak engkol nggak mau balik lagi dan malah tetap di bawah saja?

Kejadian ini biasanya sering terjadi pada sepeda motor yang umurnya lebih dari 3 tahun. Kenapa demikian? Karena per pada starternya sudah kekurangan cairan pelumas sehingga saat diinjak pedalnya tidak bisa balik lagi ke atas dan harus kita naikkan sendiri.

Anda tidak perlu terlalu khawatir, jika Anda mengalami hal tersebut tidak perlu berfikiran kalau kejadian ini akan menyebabkan kerusakan parah. Jika kick starter diinjak tidak mau balik lagi ke posisi semula solusinya hanya
mengoleskan pelumas ke bagian per starter.

Anda tinggal memberi pelumas atau gemuk di per starternya. Itu terjadi biasanya karena gemuknya sudah mulai habis atau kering. Lain lagi ceritanya bila kick starter yang ngelos atau ngempos saat diijak. Sewaktu menghidupkan mesin kick starter sering ngelos itu disebabkan oleh klep dan ring seher yang sudah rusak. Dan ini juga biasanya terjadi pada motor yang usianya diatas 3 tahun.

Bagaimana jika terjadi hal seperti itu dan apa yang harus dilakukan? Sebenarnya jika klep dan ring seher sudah mulai rusak tidak ada cara lain selain diganti baru.

Sangat disarankan meskipun motor anda sudah tersedia electric starter jangan pernah melupakan kick starter. Sesekali anda harus tetap menggunakan kick starter agar gemuk atau pelumas tidak cepat kering misalnya pada saat pagi hari sekali-kali gunakan engkol saja.

Modifikasi Outlander lebih mantap dengan 4 Aksesoris

Outlander merupakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) milik Mitsubishi yang kini tengah digemari oleh banyak orang. Di Indonesia pun demikian, dengan tampang yang garang seperti Lancer, Outlander diburu orang.

Meski sudah didesain semenarik mungkin masih ada saja konsumen yang belum puas dengan hasil desain pabrikan. Pecinta Outlander mulai memasang aksesoris guna memberikan kesan tampil lebih ciamik.

Nah buat Otolovers yang memiliki Outlander dan ingin tampil lebih ciamik bisa mengaplikasikan 4 aksesoris yang ditawarkan oleh Toko aksesoris Auto Mania yang berada di
Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok D1/17, Jalan Letjen Suprapto, Jakarta.

Keempat aksesoris yang dapat membuat Outlander lebih ciamik seperti Side visor, Weggage tray, Rear bumper fog light dan DRL.

Untuk masalah harga, Hendra Budiman pemilik dari toko aksesoris Auto Mania mengatakan, untuk Side visor dijual Rp 500, Weggage tray Rp 500, Rear bumper fog light Rp 750 ribu dan DRL Outlander Rp 1,5 juta.


Pria yang akrab disapa Hendra ini menambahkan, untuk bumper fog light ini merupakan aksesoris yang benar-benar baru dan banyak dicari oleh pecinta Outlander di Indonesia, sebab Outlander yang di pasarkan di Indonesia tidak memiliki bumper fog light seperti yang dijual di negara-negara lainnya.

"Bumper fog light ini di Outlander Indonesia tidak ada karena downgrade dan cuma ada di luar negeri saja. Jadi buat pemilik Outlander di Indonesia yang menginginkan lampu ini sekarang sudah tersedia dan pemasangannya juga cukup mudah," tandasnya. (detik)

Thursday, February 21, 2013

Tampil gaya dengan modifikasi plat nomor

Selain perubahan costom dan jeroan mesin anda dapat memodifikasi plat nomor kendaraan anda sehingga tampil lebih cantik dan elegan. Namun penting untuk diingat jangan pernah memodifikasi plat nomor kendaraan Anda sembarangan karena kalau sembarangan atau memasang plat nomor yang tidak asli dari kepolisian dampaknya Anda bisa ditilang karena menyalahi aturan.

Mau tampil gaya tapi tidak menyalahi aturan? Nah Anda kini bisa memodifikasi atau menambahkan aksesoris pada pelat nomor Anda. Mungkin sebagian dari dari Anda sudah ada yang memasangnya.

Plat nomor akrilik sebutannya. Dengan menggunakan plat nomor tipe ini, pelat nomor mobil Anda yang asli akan tampil lebih gaya dan terlihat elegan. Sebab selain dibungkus oleh cover juga bisa tampil menyala-nyala.

Plat nomor model ini tersedia dalam beberapa pilihan, seperti model biasa tanpa lampu yang rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 150 ribu, model yang ditekuk Rp 250 ribu dan model yang ditekuk ditambah pemasangan lampu dijual Rp 550 sampai Rp 750 ribu.

Untuk model biasa ujung akriliknya tidak ditekuk, sedangkan untuk model tekuk ujung akriliknya jadi terlihat lebih rapi dan model tekuk pakai lampu ujung akriliknya ditekuk kemudian dipasangkan lampu yang dapat menerangi plat di malam hari.

Untuk pilihan warna juga beragam ada warna merah, biru dan ungu dan bisa dipasang tergantung selera masing-masing. Perlu dicatat ini harus menggunakan plat nomor asli dan kita hanya diizinkan untuk merapikannya saja supaya tidak kena tilang oleh polisi karena tidak menyalahi aturan.

Wednesday, February 20, 2013

4 Hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi Moge

Memodifikasi  sepeda motor 250 sampai 1.000 cc yang masuk ke kategory motor gede (moge) memang sangat mengasyikan. Bermacam ide dan kreasi dapat diaplikasikan kepada Motor Gede. Namun sering kali setelah dimodfikasi kita mendapatkan kenyataan Moge menjadi kurang nyaman untuk dikendarai.

Nah, berikut ini 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi Moge

1. Perhatikan perubahan di sektor kaki-kaki
Karena motor berkapasitas mesin cc besar rentan dengan tenaganya yang besar jadi mesti pemasangan dan pemilihan bahan mesti berhati-hati. Shock depan adalah untuk tumpuan beban bagian depan, jadi harus diketahui ayun bebas harus berjarak berapa. Sebagai contoh pada motor Kawasaki Ninja 250 yang lebih cocok untuk shock depan (teleskopik or upsd) sekelas motor 600 cc, karena berat bebannya tidak berbeda jauh.


Selain itu karakter shock tiap unit motor berbeda. Jadi harus mencari informasi lebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan. Begitu juga dengan sudut kemiringan segitiga  shock. Hal ini sangat penting untuk sudut putar dan kenyamanan berkendara.

2. Pelek
Dalam memodifikasi moge juga banyak dilakukan di sektor pergantian pelek. Ingan jangan sembarangan dalam mengganti ukuran pelek. Perubahan sektor pelek akan signifikan dari hasil performa motor. Bila dari pabrikan standarnya ukuran 3.5 inch, lalu diganti menjadi 5,5 atau 6 inch, otomatis berat bebannya bertambah dan akan sangat mempengaruhi performanya.

3. Swing Arm
Swing arm juga menjadi sektor yang selalu dimodifikasi karena berfungsi sebagai tumpuan untuk kaki-kaki belakang, jadi. pemilihan arm sangat penting. Ukuran lebar as tengah tiap motor berbeda, swing arm sendiri adalah untuk menjaga stabil atau tidaknya motor. Jadi pemilihan dan teknik pemasangan yang salah, akan mempengaruhi motor itu sendiri.
 
4. Rangka
Untuk motor yang ingin diubah rangkanya, atau rangka custom, sangat dibutuhkan perhitungan yang cermat.
Hal ini dilakukan agar tidak asal dalam pemasangan dan perubahan rangka tanpa memperhitungkannya terlebih dulu. Rangka adalah tempat penumpu engine, jadi perhitungan sudut kemiringan mesin sangat dibutuhkan dan kalau tidak semuanya tidak akan presisi.

Oke, bila semua hal diatas anda perhatikan dengan baik mudah-mudahan moge anda menjadi lebih gaul dan tetap nyaman untuk dikendarai.

Friday, February 8, 2013

Cara mudah merawat pintu mobil

Buka tutup pintu mobil setiap hari bisa lebih dari 10 kali dan itu jarang sekali mendapat perhatian. Padahal hal itu juga penting misalnya bila rel kaca sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga saat naik turunnya kaca akan terasa berat dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa macet seketika. Demikian juga dengan gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.
Berikut ini cara mudah merawat pintu mobil yang dapat anda lakukan (minimal dilakukan 6 bulan sekali) :
  1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus (+) dan min (-), kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.
  2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah dengan membuka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.
  3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan "power window" copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.
  4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
  5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
  6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.
  7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
  8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
  9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.
 Oke, selamat mencoba dan salam sukses
 

Cara mudah menyetel platina mobil

Bagi anda yang pemilik mobil yang agar berumur dan masih menggunakan pengapian platina tentu pernah mengalami yang namanya perbaikan atau penyetelan platina. Nah, ada baiknya anda tahu sistim kerja dan langkah penyetelan platina dalam keadaan darurat seperti diuraikan dibawah : 



Langkah-langkah penyetelan platina yakni:
1. Top kan mesin silinder 1.
Buka cop delco dan Cara memposisikan top mesin bisa di baca di Cara Mengetahui Top

mesin (TDC=Top Dead Center).

2. Posisikan platina pada nok puncak(Nok Delko).
Biasanya saat top posisi ebonit/kaki platina belum mencapai puncak nok delko, jadi tambah putaran mesin untuk mencapai posisi puncak nok delko.

3. Kendorkan Baut pengikat platina.
Pengendoran baut platina jangan terlalu kendor, cukup setengah putaran atau sperempat putaran saja.
 
4. Stel platina sesuai spesifikasi mobil.
Pergunakan obeng minus untuk menyetel platina, tiap2 delko sudah dilengkapi tempat untuk menyetel celah platina(berupa nok/coakan), (stel dengan celah 0.45mm).
 
5. Finishing.
Kencangkan baut platina dan pasang kembali cop delco
 
6. Stel saat pengapian menggunakan Timing Light.
Penyetelan Saat pengapian penting untuk mencapai hasil maksimal tuneup mesin.



Pastikan aki mobil benar benar dalam kondisi prima. Karena waktu meyetel perlu beberapa kali memutar mesin.

Buka tutup distributor, bersihkan dan letakan di tempat yang aman lalu lihat apakah permukaan platina bersih dan tidak benjol. Kalau benjor mendingan ganti baru. Kalau ganti baru ganti juga condensor baru.

Putar puli crank shaft (kruk as) dan perhatikan noken pada distributor, berhenti ketika noknya menyentuk benjolan pada platina.

Ketika membongkar pastikan urutannya, dan pasang kembali perhatikan jangan terjadi korsluiting, terutama pada baut yang berada pada pinggiran distributor.

Stel jarak platina antara 0.2 sampai 0.4 mm, setelah semua dipastikan sudah terpasang dengan benar, coba kontak dan letikan platina, apakah sudah keluar percikan bunga api.
Hidupkan mesin, kalau hiudp anda berhasil, kalau tidak berhasil coba perhatikan ulang proses pemasangannya.

Kalau mesin sudah hidup, kendorkan baut 10 mm yang mengancing distributor pada blok mesin. Pelan pelan memutar ke kiri atau ke kanan. Dengakan putaran mesin. Berhenti ketika yakin sudah menemukan putaran mesin yang paling tinggi.

Kalau sudah beberapa kali mencoba dan berhasil, ada cara lebih canggih, yaitu sambil memainkan RPM mesin distributor di putar mencari kondisi mesin tidak knoking ketika mesin di sentak.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 

Thursday, February 7, 2013

Cara menguras tanki motor dengan compressor

Motor tersendat cek busi ternyata masih bagus, pengecekan dilanjutkan ke pembakaran ternyata pembakaran pun tak bermasalah. Dilakukan pengecekan lebih mendalam ditemukan kasus bahan bakar tersendat itu artinya filter minyak sudah kotor. Dan sebagai langkah lanjutan adalah membersihkan tanki BBM sepeda motor. 

Ketika menguras tangki motor sport, bebek atau matic, biar maksimal wadah bensin mesti dicopot. Agar tangki gampang dibolak-balik dan kotoran mudah keluar.

Namun pekerjaan ini bukan perkara gampang. Apalagi harus melepas kabel indikator dan slang bensin. Apalagi sudah teknologi injeksi yang di dalam tangki terdapat pompa bensin.

Bambang Priyanto, mekanik Pendawa Motor di Jl. Bangka VIII, Mampang, Jakarta Selatan kasih solusi. Untuk menguras tuntas, ada langkah gampang dan sederhana. Tapi, bensin disedot keluar dulu pakai slang bensin sampai benar-benar habis. Lalu sisa bensin yang masih ada dikeluarkan dengan bantuan udara bertekanan dari kompresor.

Caranya masukan slang dulu ke dalam tangki sampai benar-benar di dasar ujungnya. Bersamaan dengan itu, masukan juga kepala kompresor ke lubang tutup tangki. Jika posisinya sudah siap, celah di lubang tutup tangki juga dipampatkan kain sambil angin dikeluarkan.

“Sisa bensin akan keluar secara otomatis melalui slang sampai habis meskipun udara kompreser tetap kaluar. Bensin terdorong keluar karena tekanan angin,” lanjut Bambang.

Tapi, agar enggak merusak komponen di dalam tangki, usahakan tekanan angin nggak mengarah langsung ke komponen. (otomotifnet)

Menjaga karburator dan mengenali penyakitnya

Jantung sepeda motor adalah karburator yang menjadi penyuplai tenaga agar dapat bergerak secara mekanis. Seiring usia pakai, kondisi karbu enggak fit kerap terjadi. Namun kerusakannya ada yang bisa diperbaiki atau harus beli baru.

Nah, agar kondisinya tetap sempurna, yuk ditelusuri apa penyakit yang kerap meradang di karbu. Apa aja ya?


Pertama, jika skep macet di badan karbu dan susah turun biasanya tekanan mur ke intake manifold terlalu kencang hingga rumah skep ketarik. Buat antisiapasi, coba pakai ampelas halus gosok sisi depan-belakang rumah skep sampai skep bisa naik- turun lancar. Tapi, kalau skep oblak biasanya langsam jadi tak stabil

akibat ada udara palsu menyusup.

Begitupun jika lubang karbu yang ke intake melengkung, rpm pasti susah langsam karena terjadi kebocoran. Siasatinya, gunakan kikir datar dan ampelas untuk ratakan sisi yang tak lurus.

Nosel oblak berefek ke semburan bensin tak konstan dan rpm lambat naik. Karbu buatan Mikuni, silakan tebus nosel dan jarum skep anyar. Pemakai Keihin rada pusing karena komponen karbu orisinal tak dijual bebas. Pilihannya ganti karbu baru atau bisa pakai carburator repair kit non orisinal.

Nah, jika bensin menetes kasusnya karena jarum pelampung nggak pas di dudukannya. Coba ganti jarum pelampung atau gunakan tips pakai bor 3 mm yang putar perlahan ke dasar dudukan jarum pelampung.

Tuesday, February 5, 2013

Merawat mobil yang ditinggal mudik

Pada masa liburan panjang kadang kita meninggalkan rumah dalam waktu yang tidak sebentar apalagi tidak ada orang yang ditugaskan untuk menjaga rumah atau sekadar untuk memanaskan mesin mobil setiap harinya, mobil terpaksa ditinggal digarasi dalam waktu yang cukup lama. Walaupun begitu mobil tetap harus dalam keadaan terawat baik sehingga ketika pulang tidak ada permasalahan dengan mobil anda.
  1. Cuci bersih mobil. Jika perlu, lakukan perawatan menyeluruh seperti poles atau wax. Selain menjaga kebersihan mobil, tampilan luar mobil juga akan terjaga selama ditinggal dalam waktu lama. Hasil polesan mobil juga akan lebih maksimal karena mobil tidak digunakan dan tidak terkena air. Pastikan mobil kering sebelum ditinggal agar tidak menimbulkan noda atau kerak yang mungkin susah dihilangkan.
  2. Untuk mobil dengan interior dari bahan kulit, berikan conditioner khusus secara menyeluruh di permukaan interior berbahan kulit. Langkah ini akan menjaga kerusakan interior yang disebabkan udara panas selama mobil tersimpan di garasi.
  3. Bersihkan interior mobil dan bagasi serta pastikan tidak ada kotoran atau sampah sisa makanan di dalam mobil. Ingat, kotoran atau sisa makanan mengundang datangnya serangga seperti semut, kecoak, dan hewan pengerat seperti tikus. Selain itu, taburkan kapur barus atau serbuk anti serangga di sekitar mobil. Tak kalah penting, keluarkan benda-benda yang tidak penting dari dalam mobil.
  4. Perhatikan keadaan garasi atau tempat penyimpanan mobil. Jangan biarkan ada bagian tertentu dari mobil yang selalu terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini akan meminimalkan kemungkinan rusaknya interior dan eksterior mobil.
  5. Bagian mobil seperti dashboard dan ban yang terjemur sinar matahari terus menerus akan membuatnya kering atau getas atau mudah retak. Sinar matahari juga bisa merusak cat mobil. Sebaiknya Anda juga menutup mobil dengan sarung mobil atau car cover berkualitas agar cat mobil tidak lecet dan memiliki sirkulasi yang bagus sehingga tidak berjamur.
  6. Buka satu jendela bagian depan atau belakang sedikit saja agar ada pertukaran udara, dan taruh alat penghindar kelembapan di dalam mobil.
  7. Cek tekanan ban dan isi dengan tekanan yang lebih tinggi dari biasanya. Tujuannya, supaya ban tidak terlalu kempis. Pasalnya, ban akan rusak jika dibiarkan kempis atau hanya bertumpu pada titik yang sama dalam jangka lama.
  8. Jika Anda sering meninggalkan mobil dalam jangka waktu lama, tak ada salahnya untuk menyiapkan penopang mobil atau jack stand. Tapi, jangan menggunakan dongkrak karena tekanan konstan dari berat mobil akan merusak dongkrak. Penggunaan jack stand juga menjaga suspensi mobil tetap baik.
  9. Isi penuh tangki bahan bakar agar tidak ada ruang udara dan mencegah penguapan sehingga meminimalkan kerusakan karena air dan pembentukan karat.
  10. Jangan gunakan rem tangan agar rem tangan tidak terkunci di piringan atau tromol.
  11. Anda tidak perlu memutus arus listrik atau melepas kabel pada aki supaya tidak mengganggu kinerja komputer mesin. Jika nanti mobil sulit di-start, servis saja aki atau mengganti dengan aki baru.
  12. Jangan mengaktifkan alarm. Selain mengganggu tetangga, hal ini bisa menjadi isyarat bagi orang yang berniat jahat bahwa tidak ada orang di dalam rumah. Selain itu, listrik aki juga akan cepat habis.
  13. Pastikan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar agar tidak menimbulkan kerusakan mobil.
  14. Beritahu tetangga terpercaya, petugas RT, atau petugas keamanan setempat jika Anda hendak meninggalkan rumah dalam waktu lama.
  15. Gunakan kunci ganda seperti kunci setir atau ban pada mobil untuk menjamin keamanan. Periksa pintu rumah, garasi, dan pagar untuk memastikan semua dalam kondisi terkunci sehingga Anda bisa tetap tenang selama beraktivitas.
 Nah, sekarang sudah aman, anda dapat berlibur dengan tenang.

Penyebab mesin mobil tersendat-sendat

Kalau mesin mobil anda tersendat-sendat, jangan buru-buru panik dan memanggil montir, cek dulu keadaan mobil, siapa tahu anda bisa memperbaiki sendiri yang berarti akan menghemat pengeluaran anda.
Mesin mobil tersendat biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu yang berhubungan dengan pengapian dan bahan bakar. Untuk pengapian, komponen yang berhubungan adalah koil, kabel busi dan busi. Sedangkan untuk bahan bakar, ada injektor/karburator, fuel rail, fuel pressure, filter dan pompa. Bila bermasalah pada komponen-komponen itu dapat menyebabkan mesin berjalan tersendat-sendat.

Gejala mesin berjalan tersendat-sendat biasanya terjadi pada semua tingkat kecepatan. Sebab pasokan api atau bahan bakar yang dikirim dari sumbernya tidak bisa sampai ke tujuan dengan sempurna.

Contoh, ketika terjadi perpindahan gigi, mesin berjalan tersendat-sendat. Kondisi pengapian yang sudah tidak bagus, tak mampu untuk membakar jumlah bahan bakar yang masuk. Akibatnya justru over supply bahan bakar.

Salah satu cara mudah mengetahui adanya kebocoran pengapian ketika malam hari. Simpan mobil di kegelapan, kemudian nyalakan mesin. Pantau sekitar perangkat pengapian, kalau ada kebocoran biasanya akan terlihat.

Lain lagi untuk mengetahui adanya masalah dalam sistem bahan bakar. Salah satu metodenya dengan menginjak secara tiba-tiba pedal gas sampai menyentuh dek. Jika
mesin tersendat sebaiknya diperiksa komponen-komponen yang ada. Kalau diinjak secara mendadak, mesin akan minta bahan bakar dalam jumlah banyak. Kalau ada yang masalah, jelas jumlah tersebut tak tercukupi yang akhirnya mesin tersendat-sendat.

Analogi sederhananya, anggap saja seperti kran air, slang dan penyemprot tanaman. Kran air diibaratkan fuel pump atau koil. Kemudian slang sebagai kabel busi atau fuel rail. Penyemprot tanaman sebagai busi atau injektor. Jika kran dibuka penuh tapi ada kebocoran di slang, maka air yang keluar di penyemprot tanaman juga tak bisa maksimal.

Selain itu, komponen pemberi dan penerima perintah mesin juga bisa menyebabkan mesin tersendat. Seperti ECU, air flow, crank sensor, atau juga camshaft sensor.

Semoga bermanfaat, salam sukses.



Penyebab mesin mobil tidak mau hidup saat distarter

Bangun pagi, mau panasin mesin mobil sambil ditinggal mandi. Ternyata si mobil kesayangan tak mau hidup, jangan panik, cari tahu penyebabnya.

Mesin mobil tidak mau nyala antara lain disebabkan : 

  • Accu / Aki soak atau kepala penghubung aki ada yang kendor
  • Dinamo start rusak
  • Sakelar pengapian rusak
    Injektor bahan bakar bermasalah
  • Jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang
  • Kompresi mesin yang terlalu rendah
  • Regulator tekanan bahan bakar rusak
Tindakan darurat yang dapat anda lakukan : 
Buka kap depan mobil anda lalu periksa sambungkan kepala aki dan kabel terminal yang berhubungan langsung, jika senoid (kumparan) berbunyi 'klik' tapi tidak terjadi apa-apa kemungkinan besar aki anda telah habis masa pakainya. Sedangkan kemungkinan kedua dinamo start telah habis kull dan dapat diperbaiki di tukang service dinamo terdekat. 

Sedangkan untuk kerusakan lainnya disarankan untuk diperbaiki oleh teknisi bengkel langganan anda.