Tuesday, January 8, 2013

Tips merawat ban serep agar tetap terjaga

Karena letaknya yang jarang kelihatan oleh mata, ban serep jadi jarang mendapat perhatian. Yang berakibat ketika dibutuhkan ban serep bisa saja gembos. Kondisi tersebut tentu saja akan merepotkan.  Karena itu, periksalah kondisi ban ini secara teratur. Hal ini sering terjadi, ketika ban cadangan dibutuhkan justru tak bisa dipakai. Penyebabnya, pemilik mobil kurang perhatian terhadap ban cadangan. padahal, perawatannya sederhana saja.

Berikut dijelaskan cara merawat ban serep
 
1. Periksa kode produksi. Ban juga ada masa kadaluarsa sama seperti makanan. Dengan mengamati kode produksi, kita bisa tahu ban cadangan ini kadaluarsa atau belum. Kode produksi ada di dinding ban, ditulis empat digit. Dua digit kedua adalah tahun, dua digit pertama adalah minggu. Misalnya, 3011, berarti ban
diproduksi minggu ke-30 pada 2011. Jika usianya lebih dari tiga tahun, sebaiknya ban serep diganti. 
2. Cek fisik
. Rajin-rajinlah memeriksa kondisi ban serep, apalagi yang diletakkan di kolong mobil. Perhatikan apakah ada kebocoran, keretakan dinding. Pengait ban biasanya jmeninggalkan jejak di dinding ban. Karena itu, periksa apakah pengait meninggal luka pada ban atau tidak. 

3. Cek tekanan angin. Paling tidak lakukan sebulan sekali. Karet ban biasanya punya pori-pori yang membuat tekanan angin berkurang. Suhu yang berubah-ubah membuat ban yang terpakai mudah kempes. Berikan tekanan angin lebih tinggi, minimal 3 psi dibandingkan dengan ban yang dipakai.
4. Bersihkan dan beri pelembab. Sama seperti yang dipakai, ban cadangan juga harus dibersihkan dan diberi pelembab, yaitu semir. Manfaat pertama, tahu kondisinya. Manfaat lain, kelenturan ban.
5. Rotasi. Sesekali, tukar ban serep dengan ban yang dipakai. Lakukan secara rutin dengan periode yang  diatur sendiri. Jangan lupa, balancing sehingga tidak menyebabkan setir bergetar ketika digunakan.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, dijamin ban serep anda akan tetap terjaga dan selalu siap bila dibutuhakan.  

cara mencegah motor mberebet saat musim hujan

Filter udara standar yang biasa dipakai di motor ada 3 jenis, berdasarkan dari bahan penyaringnya. Filter berbahan busa, kertas dengan lapisan oli dan kertas saja. Walau pun tempatnya terlindung tapi kotoran dan air masih bisa masuk dan bersarang disana.

Kalau air sudah masuk ke dalam filter busa dan bercampur dengan udara yang tersedot, pasti motor bakalan ngadat alias mberebet karena kandungan air yang terdapat di udara terlalu banyak.

Tapi, bila filter kertas terkena air, malah partikel air akan menghalangi pori-pori kertas dan udara susah masuk, sehingga motor susah bernafas alias asupan udara kurang.

Apalagi sekarang musim hujan, kemungkinan air masuk ke filter udara bisa terjadi. Kalau motor jadi mberebet setelah menerjang banjir atau terkena hujan sebaiknya periksa
bagian kelistrikan dan juga filter. Meskipun air akan ditampung di bak penampungan karburator, tapi bila terlalu banyak motor akan mogok.

Jadi, sebaiknya sebelum air masuk ke karburator dan terbawa ke ruang bakar, mendingan dibersihkan terlebih dahulu air yang berada di filter. Caranya sangat mudah. Untuk filter yang terbuat dari kertas, bila terkena air tidak bisa dibersihkan karena bisa rusak, jadi sebaiknya langsung diganti baru.

Sedangkan bila filter yang terbuat dari busa, cukup semprot dengan kompresor dan keringkan dibawah terik matahari.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Penyebab kick starter ngelos pada sepeda motor

Apakah Anda pernah merasakan kick starter anda ngelos saat digenjot ? Sampai puluhan kali di engkol pun nggak ada sangkutnya. Kemungkinan yang menyebabkan ini sebenarnya ada banyak, kemungkinan terbesar biasanya akibat kampas kopling yang sudah aus. Gejala seperti itu sering muncul tapi pastinya itu bukan satu-satunya. Maka jangan kaget kalau sudah ganti kampas kopling, kick starter masih tetap ngelos. Pasti ada sebab lain.

Untuk jenis motor sport atau modifikasi kopling manual, juga bisa disebabkan setelan kopling tidak pas, misalnya setelan terlalu rapat sehingga kopling terus menekan jadi sudah pasti susah untuk distarter atau di engkol. Makanya kalau setel kopling mesti cari paling ideal. Bukan cuma ngejar tuas enteng. Tapi, rasakan di gigi. Kalau susah masuk, itu belum maksimal.

Sedangkan untuk jenis bebek yang pakai kopling otomatis, gejala itu bisa disebabkan karena kopling otomatis. Kalau tiga per sentrifugal sudah lembek, bisa juga jadi penyebab
. Perhatikan juga mangkok kopling otomatis. Jika tergores, juga bisa menyebabkan kopling otomatis nggak bekerja maksimal.

Dan yang perlu diingat saat pengecekan atau ganti komponen jika sudah uas (terkikis), baiknya selalu gunakan part OEM. Memang agak mahal, tapi kualitasnya terjamin juga lebih tahan lama pakai dan enggak sering bongkar pasang.


Semoga bermanfaat, salam sukses.

Cara mengatasi lampu sepeda motor yang sering putus

Penyebab bohlam lampu sepeda motor mati mendadak adalah karena habis masa pakai, korslet atau permasalahan pada komponen pedukung. Komponen pendukung dimaksud adalah kiprok (rectifier/regulator). Tapi, kalau penggantian bolam lampu cukup sering hampir dipastikan kiprok-nya lah yang bermasalah. Kiprok semdiri berfungsi untuk mengatur aliran listrik dari spul ke bohlam lampu serta mengatur masuknya arus listrik ke aki.

“Jika kiprok megalami kerusakan, maka gejala ini selain membuat bohlam lampu sepeda motor cepat putus juga dapat merambat ke komponen pangatur pengisian aki sehingga aki pun cepat soak. Maka jalan keluar
satu-satunya adalah menganti kiprok dengan kiprok yang original agar lebih awet (tahan lama).

Sedikit penjelasan, bahwa sumber arus listrik motor didapat dari lilitan sepul arus AC (AC = Alternating Current) dan besar tegangan berubah-ubah sesuai putaran mesin. Maka diperlukan alat pengubah sistem arah arus dari AC menjadi DC, yang selanjutnya ditampung di aki dan tidak akan balik ke sepul pengisian. Alat inilah yang kita sebut dengan Kiprok.

Seiring kemajuan teknologi, kiprok terdiri dari dioda (berupa mikro elektronik berbahan material semi-konduktor bersifat sebagai pengantar arus listrik pada satu arah), akhirnya pabrikan motor mengembangkan teknologi pada kiprok yang namanya jadi regulator/rectifier yang dalam komponennya dan sudah dilengkapi kiprok yang disempurnakan rangkaian penstabil tegangan. “Jadi, meski motor tak dilengkapi kiprok (kiprok rusak), kelistrikan seperti lampu tidak cepat putus.

Penyebab Chevrolet Spark 2004 berjalan tersendat

Permasalahan pada kendaraan terkadang memang membuat kita pusing apalagi pada waktu genting si mobil ngadat.

Pada Chevrolet Spark 2004, ada beberapa kemungkinan yang mengakibatkan Chevrolet Spark 2004 berjalan tersendat pada rpm tertentu, antara lain : 
  1. Fuel injector kotor, solusi membersihkan fuel injector pada begkel terdekat.
  2. Kabel ground kurang baik atau kurang, tambahkan kabel ground atau periksa titik2 kabel ground apakah ada yang karat atau bahkan lepas. terutama yang langsung ke ECU.
  3. KOIL, Ignition Coil sangat berpengaruh pada kelancaran mesin.
  4. ECU :  ada kemungkinan ECU yang  kotor dan berdebu atau bahkan kena uap air. Solusi dibersihkan dengan tiupan angin kompresor atau semprot wd dan keringkan.
Sebaiknya anda memilih ikut klub chevy spark supaya bisa meminjam parts-parts tersebut pada mobil lain sebelum membeli. Jika sudah yakin parts tersebut rusak anda tidak akan takut untuk membeli yang baru. Selamat mencoba, salam sukses.

Monday, January 7, 2013

Cara memperbaiki dan merawat rem cakram


Sistem pengereman adalah salah satu bagian paling vital dalam pengoperasian kendaraan .
Keberadaan rem sangat penting untuk memberikan rasa aman saat penggunaan mobil, namun berfungsinya peranti satu itu sangat tergantung dengan bagaimana cara kita merawatnya. Kalau perawatan diabaikan, hampir pasti fungsinya juga tidak optimal. Ujung-ujungnya, keselamatan kita (dan orang lain) saat berkendara terancam.

Untuk menjaga supaya rem tetap pakem tidak sulit, asalkan kita tahu bagaimana kiat-kiatnya. Pertama yang harus diperhatikan adalah bagian disc break dan tromol, dan memeriksa kualitas minyak rem, saluran rem, dan kampas rem itu sendiri. Untuk minyak rem, biasanya harus diganti atau dibersihkan setelah mobil menempuh 10.000 km. Perhatikan bagian ini dengan seksama supaya tidak kosong, dan perhatikan perbandingan antara bagian depan dan belakang (2:1). Bagian depan mendapat porsi lebih besar sebab paling sering digunakan saat mobil direm.


Langkah berikut adalah memeriksa kampas rem apakah masih dalam kondisi baik atau tidak :

Lepaskan roda dengan kunci, perhatikan bagian disc break dan lepas pegangan kampas rem dengan alat martil atau obeng. Bila kampas rem kotor, gunakan amplas/sikat/kuas untuk membersihkannya. Semakin bersih kampas rem, semakin bagus dan kuat fungsinya. Berikan gemuk/pelumas pada bagian besi penahannya, namun hindari supaya tidak terkena bagian sepatu rem. Pasang kembali kampas, dan kancingkan.

Hal terakhir yang harus diperhatikan supaya rem senantiasa berfungsi dengan baik adalah perawatan yang teratur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, usahakan supaya minyak diganti setiap mencapai 10.000 km, sedangkan untuk kampas biasanya antara 20-25.000 km (otomatis) dan 40.000 km (manual). Jangan lupa untuk mengecek kondisi minyak rem setiap dua minggu sekali

Jenis cairan pengaman dari korslet pada musim hujan

Hujan datang kekhawatiran juga datang kabel, busi dan peralatan kelistrikan pada motor pun terancam. Tapi beberapa produk cairan pelindung dari air yang bersifat konduktor (penghantar arus) dapat anda peroleh dibeberapa toko sparepart motor terdekat.

Karena alasan itu, wajar kalau para biker merasa khawatir pada saat tunggangan melewati genangan air atau diterpa hujan deras. Jangan-jangan motor mogok karena ada setrum yang korslet akibat kena guyuran air. Dan hal ini kerap terjadi pada saat musim penghujan seperti sekarang.

Tapi, ngomong soal cairan, ternyata enggak semua bisa jadi konduktor, melainkan sebagian isolator atau pelindung. Sehingga komponen yang dialiri listrik, terutama yang tak terlindungi dapat berfungsi seperti biasanya.


Nah, produk cairan anti korslet yang bisa dipilih diantaranya merek AHRS Multicare. Cairan ini diklaim mampu melindungi kelistrikan pada komponen motor, baik yang tertutup ataupun terbuka. Sehingga kekhawatiran motor mogok di jalan dapat diredam.

“Disebut Multicare karena bukan cuma berfungsi sebagai isolator, tapi juga bisa sebagai pelumas rantai roda sekaligus peradam komponen yang timbul bunyi tidak  wajar.

Selain produk AHRS, cairan serupa juga dikeluarkan PT Autochem Industri selaku distributor produk Prestone di Indonesia. Mengusung merek Master ML-40, cairan ini pun diklaim mampu melindungi komponen kelistrikan di motor.

“Kandungan atau komposisi material pada cairan ini fungsinya bukan cuma sebagai peredam suara. Tapi, juga sebagai pengaman arus listrik pada komponen kelistrikan di motor yang sifatnya terbuka. Contohnya di cop busi atau soket kabel.

Adapun cara penggunaan carian Master ML-40 dan AHRS Multicare sama saja. Sama-sama disemprotkan ke soket kabel pada komponen yang dialiri setrum. Namun saran Dion dan Eko, sebaiknya penyemprotan dilakukan sebelum motor kena air agar cairan lebih dulu melindungi.

Selain dua carian di atas, biker pengguna gadget pun bisa mengamankan alat elektroniknya agar terhindar dari air. Menggunakan cairan khusus yang dioleskan ke gadget, produk bermerek Liquipel dikliam produsennya mampu tahan dengan air. Semoga bermanfaat.(sumber:otomotifnet)